Ads 468x60px

Jumat, 06 April 2018

Kuliner Kota Halaman


Gambar terkait
Bonjour...food lovers😃Selamat datang kembali di blog saya dan selamat datang di Kota Yogyakarta ( kota halaman saya loh😍). Kali ini saya ingin berbagi cerita, kuliner apa saja yang wajib jika kalian food lovers berkunjung ke Kota Yogyakarta.
Yang food lovers ketahui kota jogjakarta terkenal dengan kota pelajar dan kota budayanya lohh, disebut kota pelajar karena kota jogja banyak menerima pelajar dari berbagai daerah Indonesia dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan negara Indonesia yang baru merdeka. disebut pula kota budaya karena  selain mempunyai sebuah kerajaan yang megah, kota ini juga penghasil kerajinan-kerajinan tradisional seperti batik jogja, kerajinan perak, kerajinan keris dan masih banyak lagi. Nah,bukan cuman itu saja
kota jogja dikenal juga memiliki beberapa makanan khas nya yang melimpah serta bersejarah. berikut saya akan menyebutkan beberapa makanan-makanan khas jogja yang sudah terkenal dan sudah melegenda,cekidot :



  •     Gudeg
Gambar terkait

Jogja memang tersohor dengan gudeg. Makanan tradisional asal Jogja ini wajib di coba saat ke Jogja,berbahan dasar nangka muda yang dicampur dengan serangkaian bumbu dan didominasi oleh rasa manis.Eitss..sekarang gudeg tidak di dominan rasa manis lagi loh ,jika food lovers sudah bosan terhadap rasa manis, food lovers wajib mencobain kuliner satu ini,yang namanya gudeg mercon. Gudeg mercon yang terletak di Jl. Asem Gede, Kranggan, Yogyakarta ini memang rasanya berbeda daripada gudeg lain di Jogja. Disana food lovers mendapatkan gudeg yang dipadukan dengan rasa pedas,karena gudeg tersebut  adalah gudeg mercon yang dapat membakar lidah food lovers sekalian . Gudeg mercon itu gudeg Bu Tinah.

  •     Sate Kere
Gambar terkait
 “Kere” dalam Bahasa Jawa yang berarti miskin.Tetapi sate kere ini bukan cuman untuk orang miskin saja lohh food lovers😉,kenapa dinamakan sate kere,karena sate kere ini bersahabat dengan kantong food lovers yang harganya yang murah.Dan sate kere ini beda dengan sate yang lainnya,karena food lovers yang ketahui kebanyakan sate diluar sana menggunakan saus kacang,dan sate kere ini malah terbuat dari daging sapi yang kemudian dipadukan dengan lontong dan potongan kuah sayur tempe.



  •     Sego Kucing 
Hasil gambar untuk sego kucing jogja

Hmmm...food lovers pasti pada mengira sego kucing atau nasi kucing ini makanan kucing,itu salah besar.Kenapa disebut nasi kucing  karena porsinya yang terbilang sedikit seperti porsi kucing lohh food loverss.Makan sego kucing ini pasti food lovers tidak akan kenyang deh,minimal makan sego kucing ini 3 porsi sego kucing baru food lovers pada kenyang deh,hehe..nasi kucing biasa food lovers jumpai di Warung Angkringan, di sepanjang kota jogja sendiri banyak yang menjualnya . penyajiannya Nasi kucing  itu sendiri biasanya dibungkus dengan kertas koran dan daun pisang. lauk dari nasi kucing biasanya sambel teri dan oseng tempe,eitss..buka itu saja lauknya Angkringan juga menyediakan berbagai mcam teman makan nasi kucing seperti tempe goreng, sate usus, sate telur puyuh, sate hati, sate keong, dan kerupuknya. Dan food loverss ketahui harga nasi kucing di jogja sekarang ini masih cukup relatif murah lohh..




  •     Oseng-oseng Mercon  
Hasil gambar untuk oseng-oseng mercon
Food lovers,kuliner yang selanjutnya yang wajib di cobain di jogja itu oseng-oseng mercon.Oseng-oseng mercon ini teman makannya gudeg loh food lovers,cocok dengan gudeg yang rasanya manis.Dengan dipadu padankan dengan rasa manis. Makanan ini mempunyai nama yang berbeda dari makanan yang lain. Biasa di sebut Oseng-oseng Mercon sendiri karena sensasi pedas nya sangat kuat sehingga untuk para pecinta makanan pedas pasti akan suka. makanan ini berbahan Tetelan daging sapi, cabe rawit dan rempah-rempah. cocok untuk olahraga perut, pasti anda akan keluar keringat banyak. Berani coba gk food lovers oseng-oseng mercon ini,kalau saya sih iya...😄
  •     Tengkleng Gajah

Hasil gambar untuk tengkleng gajah jogja
Olahan dari daging kambing dan tulang kambing dengan racikan bumbu yang masuk hingga ke tulang mampu membuat nafsu makanmu food lovers naik. Tengkleng gajah ini disajikan dengan porsi besar,makanya kuliner yang satu ini disebut tengkleng gajah.Bukan gara-gara terbuat dari daging gajah ya food loverss.Istilah tengkleng gajah muncul akibat potongan tulang kambing yang diolah menjadi tengkleng berukuran besar. Begitu juga dengan porsi hidangannya adalah porsi jumbo, alias porsi gajah,hehe.. 





  •      Bakmie Jawa
Gambar terkait

  Kuliner yang terakhir ini adalah bakmie jawa,kuliner yang satu ini kuliner favorit saya food lovers, saya sering membuat bakmie jawa dirumah,karena cara bikinnya yang mudah.Apalagi pada saat musim hujan,beuhh mantap jadi anget badan gitu food lovers.Kuliner ini juga termasuk makanan bersejarah di jogja. Bakmie Jawa yang di masak dengan batu arang/areng yang menjadikan rasanya lebih nikmat. Bakmie jawa bisa di masak di goreng dan di rebus (godhog) dengan bahan-bahan seperti ayam kampung, telur, mie, dan daun seledri.


  •     Bakpia
Hasil gambar untuk bakpia jogja

Dan yang terakhir jika berkunjung ke jogja,jangan lupa dengan kuliner ini.Bakpia adalah oleh-oleh khas jogja yang wajib di beli food lovers.Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang.Tetapi jaman sekarang bakpia sudah beraneka ragam rasa-rasanya food lovers...bagi pencinta durian,bakpia juga ada yang rasa durian,ada juga coklat,keju,dan strawberry food lovers..

0 komentar:

Posting Komentar