Ads 468x60px

Senin, 07 Mei 2018

Tatami Service

Tatami Service

Jepang adalah Negara yang mempunyai akar kebudayaan dan tradisi yang sangat kuat. Tak heran, pengaruh budaya tersebut terlihat hampir disemua bidang kehidupan, mulai dari seni origami, beladiri, filosofi dan tak terkecuali interior.
Dan tatami Tatami adalah karpet tebal terbuat dari jerami yang di tenun.Setiap Negara memiliki ciri khas tersendiri dalam menghidangkan jamuan makan. Seni menghidangkan makanan ini biasa dikenal didalam dunia kuliner dengan Tata Hidang. Tata Hidang sendiri merupakan bagian dari Food Service, oleh karena itu sebagai mahasiswa yang berkecimpung di dunia kuliner sangat penting untuk memiliki pengetahuan, wawasan, serta skill didalam seni Tata Hidang.
setiap Negara dan daerah memiliki ciri khas masing-masing dalam Tata Hidang oleh karena itu artikel ini akan mendeskripsikan tentang Tata Hidang yang mengkhususkan di suatu daerah atau Negara tertentu. artikel ini akan  mendeskripsikan dan membahas Tata Hidang di Negara Jepang.

Karena masakan Jepang adalah masakan yang sangat mendunia saat ini, untuk itu penting sekali memahami serta melatih skill Tata Hidang untuk masakan Jepang. Didalam artikel ini akan  dibahas tentang jenis-jenis restoran yang terdapat di Jepang, bagaimana Table Manner dalam Tata Hidang Jepang, Tata Cara menggunakan Sumpit, bagaimana cara menyantap hidangan-hidangan khas Jepang, serta beberapa aturan atau etika saat di meja makan serta saat menggunakan sumpit. Hal-hal tersebut sangat perlu diketahui dan dipahami bagi orang-orang yang berkecimpung didunia kuliner Karen saat ini kuliner Jepang sangat mendunia, sehingga sangat diperlukan skill yang memadai dan pengetahuan yang cukup tentang kuliner Jepang agar dapat mengikuti perkembangan globalisasi yang semakin pesat.




Japanese Traditional Kitchens

Dapur tradisional Jepang menggunakan kompor dan tungku untuk memasak. Makanan dimasak didalam pot dengan kamado, kamado merupakan tungku tradisional Jepang yang terbuat dari tanah liat. Kamado ini berfungsi sama seperti kompor modern hanya saja dipanaskan oleh api terbuka bukan gas atau listrik.



 Tempat lain yang penting digunakan untuk memasak adalah perapian atau irori, tidak hanya digunakan untuk memasak tapi irori digunakan juga sebagai tempat untuk makan dan menghibur diri. Irori merupkan hal yang bayangkan pertama kali pada saat membicarakan tentang rumah tradisional masyarakat Jepang. Irori merupakan sebuah lubang persegi didalam lantai yang diisi dengan tanah atau abu. Untuk menggantung panci atau ceret digunakan hook berupa pit. Selama irori digunakan, irori juga berfungsi sebagai sumber panas dan cahaya untuk menghangatkan rumah.

Traditional Japanese cooking melibatkan banyak teknik memasak seperti boiling, broiling, steaming, grilling, dan frying. Sementara didapur modern sudah banyak menggunakan gaya barat. Inti dari dapur tradisional yaitu kamado telah digantikan oleh kompor gas.


Ordering & Eating

Setelah pelanggan duduk biasanya setiap restoran akan menyajikan air putih atau teh, jika tidak dilayani biasanya air ataupun the sudah tersedia didalam teko tinggal kita menuangkan sendiri ke dalam gelas. Air ataupun the diberikan secara gratis. Setiap pelanggan juga akan menerima handuk basah ( oshibori ) yang digunakan untuk membersihkan tangan sebelum makan . Jika sumpit belum disediakan biasanya dapat ditemukan didalam kotak sumpit yang sudah tersedia di atas meja. Yang paling sering digunakan adalah sumpit kayu sekali pakai yang harus dipisahkan menjadi dua terlebih dahulu sebelum dipakai.


Chopstick Box


Selain disajikan dalam bentuk ilustrasi, kartu menu juga banyak disajikan hanya dengan berbasis teks jepang atau mungkin hanya diposting didinding. Jika sudah siap untuk memesan pelanggan dapat memberikan sinyal kepada pelayan dengan mengatakan “ sumimasen “ (permisi) atau jika tersedia bisa langsung menekan tombol panggil dimeja, setelah selesai memesan pelayan akan mengulang kembali apa yang pelanggan pesan untuk memastikan dan meminta konfirmasi pelanggan.

Kartu Menu dengan Ilustrasi

Menu yang diposting ditembok

Dibeberapa restoran seperti restoran Izakaya memesan hidangan dalam jumlah banyak untuk dimakan secara bersama-sama umum dilakukan, tapi di tipe restoran lain pelanggan diharapkan memesan makanan secara individual.

0 komentar:

Posting Komentar