Ads 468x60px

Senin, 07 Mei 2018

Pesona Wisata Kota Sabang Aceh

KOTA Sabang merupakan wilayah kepulauan, dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesar. Wilayah ini menawarkan keindahan alam yang masih alami, yakni daratan berupa hutan yang dipenuhi pepohonan dan lautan biru dihiasi terumbu karang dan ikan berwarna-warni. Pesona alam menjadi salah satu senjata kota ini untuk menjadi daerah tujuan wisata.

Namun, infrastruktur yang mendukung sektor pariwisata masih minim. Akses jalan, misalnya, masih terbatas, jalan sempit, jalan tidak memiliki lampu penerangan, akses transportasi masih terbatas, tempat penginapan terbatas, dan sumber air bersih jauh ataupun tidak ada di lokasi wisata ataupun penginapan.

Ibu kota Sabang yang berada di Pulau Weh berjarak sekitar 25 mil laut (sekitar 45 kilometer) ke arah utara dari Banda Aceh. Secara geografis, sebagian besar daratan Sabang bergunung-gunung. Daerah ini dikelilingi lautan Selat Malaka di utara, Sumadra Hindia di selatan, Selat Malaka di timur, dan Samudra Hindia di barat. Pulau Weh dikelilingi sejumlah pulau kecil, yakni Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Rubiah, dan Pulau Seulako. Jumlah penduduk Kota Sabang sekitar 30.000 orang. Letak Sabang strategis. Pada masa penjajahan, Belanda ataupun Jepang menjadikan Sabang sebagai lokasi pertahanan. Sejumlah peninggalan bangunan kolonial dan benteng sisa Perang Dunia II banyak terdapat di sana. Sejak zaman Belanda, Sabang menjadi kawasan perdagangan sejak zaman Belanda. Bahkan pada 2000, pemerintah pusat menetapkan Sabang sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas. Kendati demikian, sektor pariwisata lebih menonjol di Sabang. Terbukti, pendapatan asli daerah (PAD) Sabang pada 2013 yang mencapai Rp 36 miliar, 70 persen dari sektor pariwisata. Total APBD Sabang pada tahun itu sebesar Rp 500 miliar.

TEMPAT WISATA DI SABANG YANG WAJIB DIKUNJUNGI

tempat wisata di sabang
Tempat Wisata di Sabang
Pasti anda penasaran objek wisata apa saja yang wajib anda kunjungi di Sabang!
Setidaknya Sabang mempunyai 12 destinasi wisata yang paling menarik minat para travelersuntuk datang menjelajahi setiap sudut destinasi wisata yang ada.
Dan adanya event Sail Sabang 2017 ini pasti membuat setiap sudut destinasi yang ada di Sabang telah dipoles sedemikian rupa oleh pemerintah daerah sehingga anda tentu tidak akan kecewa datang berwisata ke Sabang.Nah, berikut tempat wisata di Sabang yang wajib anda kunjungi dan tentunya akan membuat anda takjub melihat berbagai keindahan pariwisata yang ada di Sabang.

1. AIR TERJUN PRIA LAOT

air terjun pria laot
Air Terjun Pria Laot (Foto: infowisataindonesia.com)
Tempat wisata di Sabang yang kita bahas pertamakali adalah sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Pria Laot.
Air terjun pria laot ini berada di bagian selatan pulau weah atau sekitar 12 km jika anda dari kota Sabang.
Air terjun ini masih sangat alami. Seperti halnya curug bidadari yang ada di Bandung, air terjun pria laot ini juga berlokasi ditengah hutan yang disekelilingnya terdapat bukit-bukit batu yang membuatnya terkesan masih sangat alami.
Yang unik dari air terjun ini adanya sebuah kolam penampungan air yang berukuran sekitar 10 meter dengan kedalaman 1-2 meter yang membuat anda bisa berendam di dalamnya.
Tak hanya itu, adanya ikan-ikan kecil jenis Garra Rufa yang oleh penduduk setempat menamakannya ikan bulan akan menemani anda berendam di kolam ini.
Jenis ikan ini dipercaya bisa digunakan untuk terapi berbagai penyakit karena ikan ini mampu membuang sel-sel kulit mati yang ada disekujur tubuh terutamanya di area telapak kaki dan mempercepat pergantian sel-sel kulit mati oleh enzim yang dihasilkan dari air liur ikan ini.

pANTAI IBOIH

pantai iboih
Pantai Iboih di Sabang
Masih di pulau Weh, ada satu pantai yang cukup dikenal hingga ke mancanegara, namanya pantai Iboh.
Pantai ini menjadi salah satu primadona objek wisata yang ada di pulau weh karena keindahan alamnya baik disekitar pantai maupun biota laut yang hidup di sepanjang pantai ini yang cukup beranekaragam.
Seperti halnya di pantai Tanjung Lesung, ombak yang ada di pantai Iboh ini cukup tenang membuat kegiatan diving (menyelam) dan snorkeling sangat asyik dilakukan disekitar pantai Iboh untuk melihat lebih dekat keindahan biota bawah laut pantai Iboh ini.
Tak hanya itu, pantainya yang bersih tentu membuat anda nyaman menyusuri setiap sudut pantai Iboh ini.
Anda pun juga tak perlu takut kemalaman berada di pantai ini karena disekitar lokasi telah disediakan berbagai penginapan dengan harga yang cukup terjangkau.

4. PANTAI SUMUR TIGA

pantai sumur tiga
Pantai Sumur Tiga (Foto: disbudpar.acehprov.go.id)
Destinasi wisata berikutnya adalah Pantai Sumur Tiga yang berlokasi di pulau Weh. Seperti pada umumnya pantai yang ada di pulau Weh ini berpasir putih dengan ombak yang cukup besar di waktu sore hari.
Dengan garis pantai terpanjang yang ada di Sabang, banyak hal yang bisa anda lakukan disepanjang pantai ini, seperti berenang, menyusuri pinggiran pantai hingga snorkeling di waktu-waktu tertentu.
Tak hanya itu, posisi pantai yang menghadap ke timur membuat pemandangan sunrise (Matahari terbit) begitu memukau.
Oleh karena itu, banyak wisatawan yang datang ke pantai ini sebelum matahari terbit hanya untuk menyempatkan diri melihat matahari terbit di pagi hari.
Fasilitas yang ada juga cukup memadai terbukti dengan adanya berbagai fasilitas umum dan juga restoran yang siap melayani lidah anda dengan berbagai masakan seafood yang tentu sangat lezat, penasaran!

0 komentar:

Posting Komentar