Ads 468x60px

Senin, 07 Mei 2018

Penjelasan FB Departement

Hai...FB loverss😊 kali ini saya mau bahas yang lain nih selain tentang kuliner.Kali ini saya akan memposting tentang FB Departement.FB Loverss...kalian tau tidak tentang FB itu apa.FB itu sendiri adalah singkatan dari food and beverage.Nah..FB loverss untuk penjelasan lebih lengkapnya apa itu FB Departement,Cus saya bahas lebih lanjut,cekkidot....😉

Di dalam industri perhotelan,FB departement merupakan salah satu departement yang sangat penting di sebuah hotel,yang mencakup food and beverage service dan food and beverage product dimana kedua bagian tersebut berfungsi untuk menjual jasa pelayanan makanan dan minuman  untuk para tamu hotel dan dikelola secara komersial dan professional.Kenapa FB Departement itu sangat penting di sebuah hotel,sebab karena dapat menghasilkan atau mendatangkan keuntungan. Tamu yang tinggal di hotel tidak saja memerlukan kamar tetapi juga memerlukan makanan dan minuman yang akan dilayani oleh bagian tata hidangan atau F&B service.

Tujuan Kegiatan Food & Beverage Department
      Berdasarkan ruang lingkup operasionalnya maka dapat disimpulkan bahwaFood & Beverage Department mempunyai peranan dan fungsi yang penting bagi hotel. Food & Beverage Department juga merupakan sumber pendapatan, reputasi, dan kepuasan tamu. Adapun sumber pendapatan yaitu:

1. Sumber pendapatan pada hotel melalui penjualan produk Food & Beverage Departement.
      Disebuah Hotel tentunya sangat memperhatikan keuntungan yang akan diperoleh, sebuah hotel beroperasional dangan memperkirakan keuntungan. Keuntungan tersebut bisa didapat dari departemen yang mendukung operasional hotel, dengan menjual produk hotel dan jasa kepada tamu dengan sebaik mungkin akan meningkatkan pendapatan hotel sehingga keuntungan yang diperoleh sebuah hotel pun menjadi lebih besar. Dengan menjual makanan dan minuman, ruangan meeting atau untuk acara tertentu serta fasilitas lainnya yang ada di hotel. Dengan demikian sumber pendapatan dari tamu dan berdasarkan pendapatan yang di peroleh, maka hotel dapat melangsungkan operasionalnya.

2. Meningkatkan Reputasi Hotel
      Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun citra hotel yaitu bisa dengan membangun gedung yang luas serta kelengkapan fasilitas yang mewah, tetapi ada faktor yang dikategorikan sulit untuk membangun citra hotel yaitu pelayanan yang baik dan maksimal, jika hal tersebut berhasil dilakukan maka citra perusahaan akan mudah didapat melalui faktor tersebut, keuntungan yang lebih besar pun akan lebih mudah di raih, yang menjadi permasalahan yaitu kurangnya standart baku untuk pelayanannya. Baik buruknya pelayanan yang diberi oleh sebuah hotel sangat berpengaruh terhadap kepuasan tamu atau harapan pelanggan. Setiap pramusaji yang ada di Food & Bevarage Departement diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik dan berkesan bagi tamu yang ada di hotel.

3. Menambah Kepuasaan Tamu Dari Segi Pelayanan
      Memberikan pelayanan terbaik sudah menjadi tugas utama darimanagement Food & Bevarage Departement dikatakan demikian karena petugas dari departemen ini berhubungan langsung dalam melayani makan dan minum para tamu yang ada di hotel. Untuk itu petugas dari departemen ini pun harus senantiasa berusaha memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan standart pelayanan yang baku agar dapat menimbulkan kepuasan tamu, tidak hanya itu keberhasilan memberi pelayanan terbaik dan berkualitas kepada tamu dapat mengangkat citra hotel, karena tamu merasa sangat di perhatikan dan diberi pelayanan dengan baik.

Dan untuk ruang lingkupnya sendiri FB Departement di bagi menjadi 2 loh fb loverss...yuk ah,kita bahas FB loverss....
1.     Food &  Beverage Product
2.    Food & Beverge Service

1. Food & beverage Product

Merupakan  department yang menyajikan makanan, mulai dari proses pemasakan sampai berupa makanan jadi. Product terbagi atas  berbagai macam bagian yaitu main kitchen, kithen caffe shop, pastry bakery. Dimana semua bagian tersebut mempunyai fungsi yang berbeda beda tetepi bertujuan sama yaitu menjual produck ke konsumen hotel.

2. Food & beverage Service

Bertugas menangani penghidangan makannan minuman, penyiapan beberapa jenis minuman diantaranya minuman campuran (mixed drinks)
Dalam suatu hotel F & B service berfungsi sebagai penjamu pelayanan makanan dan minuman pada tamu hotel.
F & B service terbagi atas  4 bagian :
1. Restaurant
2. Bar
3. Baquet
4. Room service

0 komentar:

Posting Komentar